Kegiatan MIT Program antara IPB-UPM Malaysia, Departemen Hasil Hutan Kedatangan 3 (tiga) orang mahasiswi Fakulti Perhutanan Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaysia yaitu :

  • Arini Medire Puteri Binti Daslizar
  • Nursureha Suhada Binti Mohd Ajri
  • Nor Hasyimah Binti Othman

Mahasiswi – mahasiswi tersebut bertujuan untuk melaksanakan Praktek Industri Hasil Hutan yang diselenggarakan pada tanggal 1 Mei – 24 Juni 2017. Adapun materi yang di siapkan oleh masing – masing divisi antara lain tentang:

  1. Pengenalan divisi
  2. Topik – topik penelitian yang telah dan sedang berlangsung
  3. Praktikum tentang topik – topik yang berkaitan dengan industri hasil hutan

Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan IPB selama periode 2 Mei sampai dengan 21 Juni 2017 memiliki beberapa kegiatan diantaranya: Pengenalan Departemen, Fieldtrip, Orasi Ilmiah, dan Kegiatan Kemahasiswaan.
Pada tanggal 2 Mei 2017 dimulai dengan pengenalan Departemen Hasil Hutan Fakultas Kehutanan IPB Dramaga Bogor oleh Ketua Departemen Prof. Dr. Fauzi Febrianto. Kemudian tanggal 3, 4, 5, dan 7 Mei 2017 dilanjut dengan materi tentang Biokomposit yang berlokasi di Divisi Biokomposit. Tanggal 6 Mei 2017 penjelasan tentang kegiatan kemahasiswaan (Himasiltan Care) di Desa Carangpulang Bogor, yang dibimbing oleh Bapak Lukmanul Hakim Zaini, MSc. Tanggal 8-12 Mei 2017, materi tentang Kimia Hasil Hutan yang berlokasi di Divisi KHH. Lalu tanggal 13–17 Mei 2017, kunjungan ke Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) Sukabumi, yang bertujuan untuk melihat dan memproses tentang Penyadapan Getah Pinus dan Kopal serta Pengelolaan Sumberdaya hutan, yang dibantu dengan Tim Instruktur Hutan Pendidikan Gn. Walat Dr. Gunawan Santosa dan Roni Wardani. Pada tanggal 18, 19, dan 22 Mei 2017 bermateri tentang Teknologi Peningkatan Mutu Kayu yang berlokasi di Divisi TMPK. Tanggal 20 Mei 2017 Orasi Ilmiah Prof. Sucahyo Sadiyo yang berlokasi di Gedung AHN IPB yang dibimbing oleh Dr. Istie S. Rahayu dan Lina Meliantina. Dilanjutkan dengan Fieldtrip Industri Hasil Hutan di PGT Sindangwangi, Puslitkim Bandung, dan Balai Besar Pulp dan Kertas yang dibimbing oleh Dr. Rita Kartika Sari dan Roni Wardani pada tanggal 23–24 Mei 2017. Tanggal 26, 29, dan 30 Mei 2017 bermateri tentang Ekonomi Industri Hasil Hutan yang berlokasi di Divisi EIHH. Kemudian pada akhir bulan yaitu tanggal 31 Mei ditutup dengan Fieldtrip Industri Hasil Hutan, Puslitbang Hasil Hutan dan Industri Wood Flooring yang berlokasi di Puslitbang Hasil Hutan dengan instruktur Dr. Istie S. Rahayu, Sulastri dan Lina Melintina.

Bulan Juni diawali dengan kegiatan Fieldtrip Industri Hasil Hutan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2017, betempat di Omochatoys dan Industri Penggergajian kayu rakyat Bogor, didampingi oleh Prof. Fauzi Febrianto, Raka, dan Sena. Tanggal 5-9 Juni 2017, Bermateri tentang Rekayasa dan Desain Bangunan Kayu yang berlokasi di Divisi RDBK. Tanggal 10 Juni 2017, dilanjut dengan kegiatan kemahasiswaan yang berlokasi di Fakultas Kehutanan dan didampingi oleh Bapak Lukmanul Hakim Zaini, MSc. Tanggal 12 Juni 2017, masih di lanjut dengan Fieldtrip Industri Hasil Hutan tentang Industri Biokomposit yang berlokasi di Jabodetabek dan didampingi oleh Bapak Lukmanul Hakim Zaini, MSc, Rena Manohara dan Kikin M. Tanggal 13-19 Juni 2017, Pembuatan Laporan selama kegiatan Praktek Industri Hasil Hutan yang dibimbing oleh Dr. Rita Kartika Sari dan Dr. Istie S. Rahayu, dan pada tanggal 21 Juni 2017 dilaksanakan Seminar Hasil yang berlokasi di DHH – Fakultas Kehutanan IPB.

« 1 of 5 »

 

Leave a Comment