Terhitung sejak tahun akademik 2017/2018, Departemen Hasil Hutan mewajibkan seluruh mahasiswa angkatan 52  untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Fakultas Kehutanan IPB.  Berbeda dengan Kuliah Kerja Nyata yang telah kita kenal, KKNT memiliki tema spesifik yang disesuaikan dengan kondisi khusus Fahutan IPB. Tema KKNT-Fahutan IPB tahun 2018 adalah Sinergi Pengembangan Desa Melalui Program Perhutanan Sosial dan Hutan Rakyat Menuju Kelestarian Hutan dan Lingkungan serta Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Setelah mengikuti KKNT mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat dalam bidang pertanian dalam arti luas dan lingkungan secara terintegrasi (multi dan inter disiplin antar profesi di IPB), memiliki kepedulian dan komitmen tinggi, terampil berkomunikasi dan bekerjasama antar profesi dalam mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat dan mampu mengembangkan jejaring kerjasama dalam upaya pemecahan masalah untuk memenuhi kebutuhan dalam dinamika kehidupan aktual di masayarakat.

KKNT Fahutan IPB tahun 2018, diselenggarakan di 2 Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Bandung dan Sukabumi), 1 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Jepara) dan 1 Kabupaten di Provinsi Lampung (Kabupaten Pesisir Barat).  Mahasiswa DHH disebar di tiga lokasi, dengan rincian : 19 mahasiswa di Kabupaten Bandung, 2 orang mahasiswa di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) dan 35 orang mahasiswa di Kabupaten Jepara.  Setiap Kabupaten rata-rata memiliki 3-4 orang dosen pembimbing lapang (DPL).  Ada 4 orang dosen DHH yang terlibat dalam kegiatan KKNT ini sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) dan DPL, yaitu Dr. Dede Hermawan, Dr. Jajang Suryana, Dr. Istie S. Rahayu dan Vera J. Sitanggang, M.Sc.

Kegiatan KKNT ini berlangsung dari tanggal 12 Juli – 20 Agustus 2018.  Pada tanggal 12 Juli 2018, para mahasiswa peserta KKNT dari Kab. Jerapa, Kab Bandung dan Kab Pesbar, diterima oleh Bapak Bupati masing-masing kabupaten.  Terdapat 9 desa dan 1 kelurahan yang tersebar di 2 Kecamatan (Kecamatan Jepara dan Kecamatan Tahunan) yang dipilih menjadi lokasi KKNT di Kabupatan Jepara, mengingat di lokasi tersebut terdapat industri mebel dan kerajinan kayu.  Sedangkan kegiatan KKNT di Kabupaten Bandung berlokasi di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Kertasari (Desa Cikubang, Desa Cihauk, Desa Tarumajaya, Desa Sukapura dan Desa Cibeureum) dan Kecamatan Cimaung (Desa Mekarsari dan Desa Cemapaka Mulya).  Kecamatan Bengkunat (Desa Sumberejo, Desa Pagar Bukit dan Desa Pemerihan) dan Kecamatan Ngaras (Desa Mulang Jaya, Desa Kota Batu dan Desa Negeri Ratu Ngaras) yang dijadikanlokasi KKNT Fahutan IPB di Kabupaten Pesbar.

KKN - T Jepara
« 2 of 3 »

Leave a Comment