Ketua Program Studi/Mayor: Dr. Ir. Rita Kartika Sari, M.Si

Staf Pengajar:

Prof. Dr. Dodi Nandika, MS Bintang C.H. Simangunsong, PhD
Prof. Dr. Yusuf Sudo Hadi, M.Agr Dr. EG. Togu Manurung, MS
Prof. Dr. Wasrin Syafii, M.Agr Dr. I Nyoman Jaya Wistara, MS
Prof. Dr. Imam Wahyudi, MS Dr. Naresworo Nugroho, MS
Prof. Dr. Fauzi Febrianto, MS Dr. Dede Hermawan, MSc
Prof. Dr. Muh. Yusram Massijaya, MS Dr. Trisna Priadi, M.Eng.Sc
Prof. Dr. Sucahyo Sadiyo, MS Dr. Lina Karlinasari, MSc
Prof. Dr. I Wayan Darmawan, MSc Dr.Ir. Rita Kartika Sari, M.Si

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan konsep ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) baru serta mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian secara mandiri dalam bidang peningkatan mutu kayu, bio-komposit, kimia hasil hutan, rekayasa dan disain bangunan kayu dan industri hasil hutan

Kompetensi Lulusan

Mempunyai kemampuan pendekatan interdisipliner dalam berkarya di bidang peningkatan mutu kayu, bio-komposit, kimia hasil hutan, rekayasa dan disain bangunan kayu dan industri hasil hutan secara efisien dan efektif.

Kurikulum


MK Wajib SPs : 5 SKS
MK Wajib Program Studi : 6 SKS
Tugas Akhir : 28 SKS
Minimal MK Pilihan Wajib Diambil : – SKS
Total SKS MK Pilihan : 45 SKS

Daftar Mata Kuliah SPs

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

Daftar Mata Kuliah Wajib SPs (5 SKS)

PPS500

Bahasa Inggris

3(3-0)

Ganjil/Genap

PPS702

Falsafah Sains

2(2-0)

Ganjil

Daftar Mata Kuliah Wajib Program Studi (6 SKS)

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

HHT601

Modifikasi Kayu

3(2-1)

Ganjil

HHT702

Ultra-Struktur Dinding Sel dan Sifat Mekanisnya

3(2-1)

Genap

Tugas Akhir (28 SKS)

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

PPS701

Kolokium

1(0-1)

Ganjil/Genap

HHT799

Penelitian dan Disertasi

12(0-12)

Ganjil/Genap

HHT704

Ujian Kualifikasi Tertulis

2(0-2)

Ganjil/Genap

PPS705

Ujian Kualifikasi Lisan

3(0-3)

Ganjil/Genap

PPS706

Proposal Penelitian

2(0-2)

Ganjil/Genap

PPS707

Publikasi Nasional

2(0-2)

Ganjil/Genap

PPS690

Publikasi Internasional

3(0-3)

Ganjil/Genap

HHT699

Seminar

1(0-1)

Ganjil/Genap

HHT604

Ujian Tertutup

2(0-2)

Ganjil/Genap

Mata Kuliah Pilihan (6 SKS) Minimal

Mata Kuliah Pilihan 1

3

Ganjil/Genap

Mata Kuliah Pilihan 2

3

Ganjil/Genap

Mata Kuliah Pilihan Tersedia

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

HHT626

Komposit Polimer Kayu

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT627

Komposit Serat Bukan Kayu

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT628

Teknologi Papan Inorganik

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT634

Akustik Kayu

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT641

Ilmu Pulp dan Kertas

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT642

Ekstarktif Hasil Hutan

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT643

Energi Biomasa Sumbr Daya Hutan

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT644

Biorefinery

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT703

Sandwich Program

2(2-0)

Ganjil/Genap

HHT711

Biologi Rayap Perusak Kayu

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT712

Pemesinan Kayu

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT713

Patologi Bangunan

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT721

Pengembangan Teknologi Komposit

3(2-3)

Ganjil/Genap

HHT722

Ekonomi Industri Hasil Hutan

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT723

Analisis Kebijakan Industri Hasil Hutan

3(2-1)

Ganjil/Genap

HHT731

Desain dan Struktur Bangunan Kayu

3(1-2)

Ganjil/Genap

HHT732

Desain Sambungan Kayu

3(1-2)

Ganjil/Genap

FIS613

Fisika Energi Terbarukan

2(2-0)

Ganjil/Genap

KIM624

Kimia Metabolit Sekunder

2(2-0)

Ganjil/Genap

KIM630

Teknik Laboratorium

3(2-1)

Ganjil/Genap

TIN626

Teknologi Polimer

3(2-1)

Ganjil/Genap

 

Silabus Mata Kuliah

HHT 701 Modifikasi Kayu 3(2-3) 1

sifat yang kurang menguntungkan dibandingkan material lain seperti metal dan beton, diantaranya stabilitas dimensi yang kurang baik karena sifatnya yang menyerap air, biodegradable, flamale, serta dapat terdegradasi karena sinar ultra violet, asam, dan basa.  Akhir-akhir ini, perkembangan teknologi modifikasi kayu dalam upaya meningkatan masa pakai kayu dan produk kayu sangat cepat. Salah satu penyebabnya karena adanya  pelarangan penggunaan bahan pengawet CCA yang sudah sangat populer digunakan selama ini.  Mata kuliah modifikasi kayu ini berisi tentang pendahuluan, modifikasi sifat-sifat kayu, modifikasi kimia kayu I (modifikasi dengan anhidrida asetat), modifikasi kimia kayu II (reaksi dengan bahan kimia lain), modifikasi kayu dengan panas, modifikasi permukaan, modifikasi impregnasi, pertimbangan komersilalisasi dan lingkungan, serta perkembangan ke depan.

Fauzi Febrianto, Wasrin Syafii

HHT  702 Ultra-Struktur Dinding Sel dan Sifat Mekanisnya 3(2-3) 1

Mata kuliah ini menganalisis struktur anatomi dan organisasi dinding sel penyusun kayu pada kayu normal, kayu reaksi, kayu dewasa maupun kayu juvenil secara ultra (ultra-structure) dan nano (nano-structure) dalam kaitannya dengan kekuatan kayu dan produk komposit kayu. Topik yang dibahas meliputi  interdisciplinary approaches to wood structure, ultra-structure, nano-structure, and organization of cell wall  termasuk the fine structure of the cellulose microfibril, serta mechanical property of wood and wood fiber cell wall. Mata kuliah ini juga memberi penjelasan tentang keunikan kayu sebagai produk alam dan variabilitasnya, prinsip dasar dari tegangan dan regangan serta tranformasinya pada kayu, analisis terhadap sifat elastisitas kayu dan produk komposit kayu, serta perilaku orthotropis dan plane sistem pada kayu dan produk komposit kayu. Pengaruh cacat pertumbuhan terhadap sifat mekanis juga akan dikaji.

Imam Wahyudi,  Sucahyo Sadiyo

HHT 641 Ilmu Pulp dan Kertas  3(2-3) 2

Mata kuliah ini membahas proses-proses fumdamental dalam teknologi pulping dan bleaching.  Bahasan akan meliputi (1) persiapan bahan baku (debarking sampai dengan penyimpanan dan transportasi chips), (2) anatomi chips (meliputi prinsip-prinsip dan perhitungan dimensi, daya pnetrasi dan kompaksi chips dalam larutan pemasak), (3) kinetika reaksi dan transfer masa yang mendasari bahasan tentang pemasakan dengan batch digester dan continous digester, (4) penyaringan dan pencucian pulp, (5) proses pemutihan pulpdan (6) papermaking processReview tentang pengendalian dampak lingkungan industri pulp  (7) juga akan dibahas dalam mata kuliah ini.

I Nyoman J. Wistara

HHT 642 Ekstraktif Hasil Hutan  3(2-3) 2

Mata kuliah ini menjelaskan tentang struktur kimia, sifat-sifat reaksi,  dan keberadaan berbagai macam jenis ekstraktif hasil hutan, yang secara umum dibagi menjadi 3 kelompok besar yang meliputi kelompok senyawa phenol (lignan, flavonoid, tannin, stilbene, quionon, dan lain-lain), kelompok senyawa terpene dan terpenoid, dan kelompok senyawa lemak dan lilin. Juga dipelajari tentang sifat-sifat biological activity ekstraktif (anti rayap, anti jamur, anti bakteri, anti virus, dan lain-lain) serta pemanfaatanya untuk berbagai produk. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang beberapa metoda isolasi zat ekstraktif serta cara-cara identifikasi struktur kimianya.

Rita Kartika Sari, Wasrin Syafii

HHT 643 Energi Biomasa Sumber Daya Hutan  3(2-3) 3

Mata kuliah ini menekankan pada pembahasan terhadap kemajuan teknologi dan pendekatan-pendekatan dalam menghasilkan bioenergi dari biomasa hutan. Fundamental sifat dan ciri kimia biomasa sehubungan dengan pengaruhnya terhadap nilai energi dan potensinya dalam menghasilkan bahan bakar cair, padatan dan gas dari biomasa juga akan dibahas.

Wasrin Syafii, Gustan Pari

HHT 644 Biorefinery  3(2-3) 3
   

Mata kuliah ini akan membahas terutama reaksi-reaksi kimia dalam mengkonversi bioproduk dari bahan berkayu. Bahasan akan meliputi proses dan reaksi kimia dalam ekstraksi komponen kimia seperti selulosa, hemiselulosa dan lignin serta metode-metode analitik dalam biorefinery dan aspek lingkungan biorefinery.

 Wasrin Syafii, I Nyoman J. Wistara

HHT  626 Komposit Polimer Kayu 3(2-3)1

Komposit polimer kayu adalah suatu produk komposit kayu, merupakan penggabungan antara kayu dan atau bahan berlignoselulosa lainnys sebagai fillers dengan thermoplastic/thermoplastic elastomer/elastomer resins sebagal matrices. Mata kuIiah ini membahas latar belakang dan perkembangan teknologi pengolahan hasil hutan, khususnya komposit polimer kayu. Sifat-sifat bahan matrix resins, sifat-sifat kayu dan bahan berlignoselulosa sebagai fillers, critical fiber volume fraction, kompatibilitas bahan pengisi dengan matrix resin, bahan aditif, proses pembuatan, sifat-sifat produk dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta upaya peningkatan kualitas produk komposit polimer kayu.

Fauzi Febrianto, Yusuf Sudo Hadi

HHT 627 Komposit Serat Bukan Kayu 3(2-3) 2

Mata kuliah ini membahas tentang potensi serat bukan kayu sebagai bahan baku produk komposit, sifat-sifat serat bukan kayu (fisis, mekanis dan kimia), proses produksi produk komposit dari serat bukan kayu, analisis sifat-sifat produk komposit, komposit structural ringan,  pengujian dan pengendalian kualitas, peningkatan kualitas produk komposit dari serat bukan kayu serta pengembangan komposit unggulan dimasa mendatang

Yusram Massijaya

HHT  628 Teknologi Papan Inorganik 3(2-3)2

Mata kuliah Inorganic-Bonded Board Technology adalah mata kuliah peminatan Bio-Komposit mahasiswa Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan IPB.  Mata kuliah ini diberikan sebagai pengetahuan pundamental dalam pengolahan kayu dan bahan berligno-selulosa lainnya, menjadi produk papan inorganik.  Mata kuliah ini akan membahas: 1) Definisi/pengertian umum papan inorganik, bahan baku dan latar belakang pengembangannya, 2) Proses produksi papan inorganik non semen, 3). Proses produksi papan inorganik semen.

 Dede Hermawan

HHT  721 Pengembangan Teknologi Komposit 3(2-3) 3

Mata kuliah ini membuka wawasan pemanfaatan kayu dan bahan lignoselulosa untuk pembuatan bio-komposit dengan memperhatikan perubahan pasokan kayu yang terjadi pada ahir-ahir ini. Pembahasan meliputi aspek pengolahan kayu dan bahan lignoselulosa untuk bio-komposit seperti kayu lapis, papan partikel, papan serat, dan papan anorganik, serta upaya untuk meningkatkan kualitas bio-komposit melalui perlakuan berbagai parameter kunci.

 Yusuf Sudo Hadi

HHT  711 Biologi Rayap Perusak Kayu 3(2-3)1

Mata kuliah ini mempelajari dan menerangkan perkembangan terbaru tentang taksonomi dan morfologi fungsional, filogennetika, evolusi, reproduksi, organisasi sosial, sistem sarang, serta ekologi dan perilaku rayap perusak kayu, khususnya dispersal dan foraging. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas fisiologi dan biokimia sistem pencernaan rayap perusak kayu serta dampak serangan rayap pada kayu dan bangunan, baik secara fisik, mekanis, ekonomis maupun ekologis. Teknik-teknik pengendalian rayap, baik secara fisik, mekanis, kimiawi, maupun biologis juga dibahas.

  Dodi Nandika

HHT  712 Pemesinan Kayu 3(2-3)2

Mata kuliah ini membahas sifat-sifat kayu yang berperan penting dalam proses pemesinan kayu, teknologi proses pemesinan kayu, parameter-parameter yang dianalisis pada proses pemesinan, monitoring dan kontrol proses untuk suatu peroses pemesinan kayu.

  Wayan Darmawan

HHT  713 Patologi Bangunan 3(2-3)3

Mata Kuliah ini membahas proses terjadinya cacat, kerusakan dan pelapukan pada bangunan gedung, dengan landasan pengetahuan tentang bahan bangunan, lingkungan bangunan, dan tingkat penggunaan bangunan; serta teknik pencegahan dan penanggulangannya.

 Dodi Nandika

HHT  731 Desain dan Struktur Bangunan Kayu 3(2-3)1

Mata kuliah ini memberikan konsep dan aplikasi analisa struktur kayu secara lengkap (kecuali fondasi) berdasarkan system desain ASD/LRFD mulai dari desain beban vertical dan lateral yang diterapkan pada balok, tiang, diafragma dan dinding geser.  Standard NDS 2005 digunakan secara bertahap dengan urutan proses konstruksi dan desain aktual di lapangan. Dibahas pula bentuk desain arsitektur bangunan kayu di Indonesia dan mancanegara baik tradisional maupun modern.

Naresworo Nugroho, Sucahyo Sadiyo, Efendi Tri Bahtiar

HHT  732 Disain Sambungan Kayu 3(2-3)2

Mata kuliah ini merupakan muara dari berbagai mata kuliah dasar dan terapan bidang pengolahan kayu yang membahas tentang kekuatan tumpu dowel, sendi plastis alat sambung, model/persamaan batas kekuatan, faktor penyesuaian berbagai alat sambung mekanis, perilaku kekuatan sambungan kayu dengan berbagai alat sambung mekanis, seperti paku, sekrup, baut, baut lag, dan lainnya, detail-detail sambungan, desain dan analisis persambungan pada struktur diafragma-dinding geser

Sucahyo Sadiyo, Naresworo Nugroho

HHT  634 Akustik Kayu 3(2-3) 3

Mata kuliah ini membahas teori akustik dan akustik kayu, rambatan gelombang akustik pada kayu, konstanta elastis bahan, karakteristik struktur kayu kaitannya dengan sifat akustik kayu, kayu sebagai bahan alat musik, metode akustik untuk keperluan pengujian nondestruktif (NDT), emisi akustik, akustik ruangan, pengaruh lingkungan terhadap akustik kayu

Lina Karlinasari, Naresworo Nugroho

HHT  722 Ekonomi Industri Hasil Hutan 3(2-3) 2

Mata kuliah Ekonomi Industri Hasil Hutan adalah mata kuliah pilihan bagi mahasiswa pasca sarjana S3 di Departemen Hasil Hutan, IPB.  Mata kuliah ini akan membahas: 1) The welfare consequences of market power, 2) The dominant firm, 3) Oligopoly – The recognition of interdependence, 4) Oligopoly –Collusion, dan 5) Structure, Conduct, Market Power – The Evidence, 6) The Determinants of Market Structure, 7) The Determinants of Firm Structure, 8) Public Policy towards Mergers, 9)  Sales Efforts, 10) Research and Development, 11) Industrial Economics and International Trade, 12) Industrial Economics and Macroeconomics, 13) Price Discrimination/Exclusionary Practices, and 14) Predation

Bintang C.H Simangunsong, E.G. Togu Manurung

HHT  723 Analisis Kebijakan Industri Hasil Hutan 3(2-3) 3

Mata kuliah Analisis Kebijakan Industri Hasil Hutan adalah mata kuliah pilihan bagi mahasiswa pasca sarjana yang ditawarkan oleh Departemen Hasil Hutan, IPB.  Mata kuliah ini akan membahas: 1) The Quantitative Analysis of Development Policy, 2) Demand Analysis, 3) The Profit Function Approach to Supply and Factor Demand, 4) Behavior and Welfare under Risk, 5) Price distortions: Indicators and Partial Equilibrium Analysis, 6) Transactions Costs and Institutions, 7) Input-Output Tables, Social Accounting Matrices (SAM), and Multipliers, dan 8) Multimarket models

Bintang C.H Simangunsong, E.G. Togu Manurung