Salah satu rangkaian kegiatan KKNT, yaitu Lokakarya I.  Kegiatan in dimaksudkan sebagai sarana penyampaian program-program yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa kepada perangkat desa dan kecamatan setempat, selama ber-KKNT di Kabupaten Pesbar.  Lokakarya mahasiswa IPB di Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung telah berlangsung pada hari Selasa, 17 Juli 2018 bertempat di Aula Kecamatan Bengkunat. Lokakarya tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Seksi Kesra, para Peratin (Kepala Desa/ Pekon) dimana mahasiswa ber-KKNT, Kepala Sekolah Dasar, para pemangku, tokoh masyarakat, serta mahasiswa IPB yang ber- KKNT di kecamatan tersebut. Pak Camat memberikan arahan tentang lokakarya tersebut, termasuk melibatkan perwakilan mahasiswa untuk acara semarak budaya di Kecamatan Bengkunat. Pada hari dan jam yang sama, berlangsung juga acara lainnya, yaitu kesehatan ibu dan anak, serta kegiatan posyandu yang melibatkan seluruh pekon di kecamatan tersebut, yang dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan.

Secara keseluruhan, lokakarya telah berlangsung dengan baik dan lancar. Program kerja mahasiswa KKN-T IPB di Kecamatan Bengkunat secara prinsip dapat disetujui oleh peserta lokakarya, dengan beberapa catatan kecil, terutama yang disampaikan oleh Kepala SD, yaitu mahasiswa IPB membawa bibit tanaman unggul yang diinginkan oleh masyarakat setempat. Program kerja mahasiswa IPB di Kecamatan Bengkunat secara umum meliputi : Program pendidikan Konservasi Hutan dan Lahan, Program kesehatan masyarakat  dan gizi keluarga, Program pembuatan dan pelatihan jamur tiram dan briket arang. Program Ekowisata, Program tanaman tumpang sari, Program Bantuan Administrasi pekon/desa, serta Program pelatihan pemasaran potensi desa/pekon secara online. Hal yang bisa ditindaklanjuti dari program kerja KKN-T ini adalah pasokan bibit tanaman unggul dari IPB untuk dapat dikembangkan di kecamatan ini. Hal lainnya, adalah permintaan masyarakat, agar IPB mengirimkan mahasiswa KKN-T lebih banyak lagi di tahun-tahun tahun mendatang.

Lokakarya mahasiswa IPB di Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat telah dilaksanakan pada Hari Jum’at, 20 Juli 2018, bertempat di Aula Kecamatan Ngaras. Lokakarya tersebut dihadiri oleh Camat, Sekcam, para Peratin (kepala desa) se-Kecamatan Ngaras, para pemangku, tokoh pemuda (karang taruna), dan mahasiswa.  Program kerja yang disampaikan dalam lokakarya tersebut mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, karena sebagian program tersebut berdasarkan masukan dari masyarakat. Program kerja tersebut antara lain meliputi : pelatihan pencalonan tanaman damar mata kucing, pengenalan tanaman obat keluarga, pendampingan dalam program P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air), pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa, pemberdayaan karang taruna, pembuatan pupuk organik, diversifikasi komoditas pertanian (sereh wangi), pengembangan ekonomi kreatif, pekan cinta lingkungan (KANCIL), dan Renovasi Gapura Pekon Kota Batu dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI. Dalam lokakarya tersebut, masyarakat meminta kepada ringkasan program tersebut (satu lembar) untuk dibagikan kepada masyarakat.

 

 

Leave a Comment